Senin, 05 Oktober 2009

OPINI GEMPA SUMATERA BARAT

Tercatat 6 warga tewas dan lebih 3.000 bangunan rusak berat, ringan, dan sedang, di Sumatra Barat akibat gempa Rabu senja dan Kamis pagi, 12-13 September lalu.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) mencatat gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR) di lepas pantai Kota Bengkulu terjadi Rabu, 12 September 2007 pukul 18.10 WIB. Sementara USGS (BMG-nya Amerika Serikat) mencatat lebih kuat lagi, 8,4 SR yang berlokasi di lepas pantai Kota Bengkulu, antara Pulau Enggano dan Pulau Pagai, 410 km dari Padang.

Gempa Rabu sore itu terasa kuat di Padang dan Kepulauan Mentawai. Sejumlah bangunan rubuh dan retak. Di Padang, Dealer Resmi Mitsubishi Motor PT Sutan Kasim di Jalan Veteran berlantai tiga ambruk. Presiden Direktur-nya, Moyardi Kasim, 51 tahun, tewas terhimpit. Beberapa bangunan besar seperti hotel, plaza, dan kantor retak-retak.

Penduduk Padang yang tinggal di pantai pun berlarian menjauhi pantai ke tempat yang tinggi.

Sementara, di Mentawai ratusan rumah ambruk. Selang setengah jam kemudian air laut atau tsunami menyapu pantai Sikakap. Meski hanya 1 meter, terjangan tsunami tersebut merendam puluhan rumah. Warga Mentawai juga berlarian ke pegunungan.

Belum habis trauma gempa semalam, Kamis pagi, 13 September, pukul 06.49 WIB gempa lebih besar melanda pesisir Sumatra Barat dan Mentawai. Gempa tercatat oleh BMG sebesar 7,7 SR dengan kedalaman 24 km. BMG mengumumkan gempa berpusat 149 km barat daya Sungai Penuh, Jambi. Informai Sungai Penuh membingungkan orang, karena sebenarnya gempa berpusat di pantai antara Pesisir Selatan dengan Pulau Pagai.

USGS mencatat gempa ini berkekuatan 7,9 SR kedalaman 30 km.

Gempa ini menghancurkan ribuan rumah di Mentawai, Pesisir Selatan, dan Padang.

Enam warga tewas, hingga Minggu, 16 September tercatat 6 warga tewas. Tiga terhimpit bangunan dan tiga lainnya karena kecelakaan kendaraan dan jatungan akibat gempa. Dari 3 warga yang tewas terhimpit bangunan, 2 di Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai dan 1 di Kota Padang.

0 komentar:

Posting Komentar